Cara Membuat HTML5 Sederhana Permainan di Canvas
1. Buat Canvas
// Create the canvas
var canvas = document.createElement("canvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
canvas.width = 512;
canvas.height = 480;
document.body.appendChild(canvas);
hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat elemen canvas .
saya melakukan ini di JavaScript selain HTML untuk mendemonstrasikan
bagaimana cara mudah ini disempurnakan. Pertama kita punya elemen, lalu
kita dapat referensi isinya, atur dimensi dan lampirkan pada badan
dokumen.
2. Masukkan Gambar
// Background image
var bgReady = false;
var bgImage = new Image();
bgImage.onload = function () {
bgReady = true;
};
bgImage.src = "images/background.png";
sebuah
game membutuhkan penggambaran! Jadi mari masukkan beberapa gambar.
Saya ingin ini sesederhana mungkin jadi masukkan sebuah Image yang sudah dibunggus indah atau sebagainya. bgReady digunakan untuk mengetahui canvas ketika sudah aman untuk digambar, coba untuk render it before it's loaded will throw a DOM error.
Kita lakukan ini pada setiap tiga gambar, kita butuhkan: background, hero and monster.
3. Objek Permainan
// Game objects
var hero = {
speed: 256, // movement in pixels per second
x: 0,
y: 0
};
var monster = {
x: 0,
y: 0
};
var monstersCaught = 0;
sekarang kita tentukan beberapa variabel yang akan kita gunakan nanti. hero mulai diatur dengan speed yang mana lebih cepat ia akan berpindah pada pixels per second. monster tidak akan berpindah jadi itu akan punya kordinat. terakhir, monstersCaught menampilkan berapa monster yang pemain telah dapatkan.
4. Input Pemain
// Handle keyboard controls
var keysDown = {};
addEventListener("keydown", function (e) {
keysDown[e.keyCode] = true;
}, false);
addEventListener("keyup", function (e) {
delete keysDown[e.keyCode];
}, false);
Sekarang
untuk memasukkan pengendalian. Ini mungkin bagian pertama yang akan
membawa developer yang datang dari web development background. Hal
penting yang perlu diingat adalah kami tidak ingin menganjurkan untuk
memasukkan peristiwa sesungguhnya ketika itu terjadi. Pada banyak web,
mungkin sesuai untuk memulai animasi atau meminta data real ketika user
memasukkan input. Tetapi pada tahap ini, kita ingin game kita masuk
akal dan semata-mata tinggal di suatu tempat untuk mempermudah kontrol
ketika dan jika sesuatu terjadi. Untuk alasan itu kita hanya ingin
menampilkan input pengguna nanti.
Untuk menyelesaikan ini kita punya sebuah variabel keysDown yang menampilkan banyak kejadian keyCode. Jika kode kunci adalah objek, pengguna hanya menekan kunci itu, sederhana!
5. New Game
// Reset the game when the player catches a monster
var reset = function () {
hero.x = canvas.width / 2;
hero.y = canvas.height / 2;
// Throw the monster somewhere on the screen randomly
monster.x = 32 + (Math.random() * (canvas.width - 64));
monster.y = 32 + (Math.random() * (canvas.height - 64));
};
fungsi reset
disebut awal game baru, atau level atau apapun yang anda suka
menyebutnya. Ini menempatkan hero (player) ditengah layar dan dimanapun
secara acak.
6. Perbarui Objek
// Update game objects
var update = function (modifier) {
if (38 in keysDown) { // Player holding up
hero.y -= hero.speed * modifier;
}
if (40 in keysDown) { // Player holding down
hero.y += hero.speed * modifier;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar